Perlukah Perubahan Radikal (Radical Change) Pada PT PLN ??

Sebagai perusahaan berplat merah, PT PLN mengatur segala hal yang berkaitan dengan sistem kelistrikan di negeri ini. Namun sayangnya pertumbuhan sistem kelistrikan tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan permintaan listrik masyarakat kita. Lalu bagaimana sebaiknya badan usaha milik pemerintah ini mengelola sistem kelistrikan dengan keterbatasan saat ini ? Mampukah efiesiensi yang digalakkan kepada masyarakat menjadi realita ?.

Radical change sebagaimana telah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya telah menjadi gaya perusahaan maju. Hal ini telah dilakukan oleh PT Telkom. Perusahaan ini menantang perkembangan zaman dengan core bisnis TIME. Melakukan efisien organisasi dan pegawai besar-besaran sehingga lebih mudah melalukan konsolidasi, membuat divisi – divisi baru yang lebih sesuai dengan core bisnis dan menghilangkan divisi – divisi yang tidak sesuai, memposisikan satu manager untuk satu regional dan memperbanyak AssMan sehingga mengurangi cost tunjungan jabatan.

Jumlah pegawai yang semakin sedikit tidaklah menjadi beban bagi mereka. Demi menjaga performansi layanan, semua sistem telekomunikasi dan kelistrikan mereka telah dapat di monitoring secara komputerisasi dan online. Sistem pelaporan otomatis dan berjenjang bisa dengan cepat dilakukan. Bila selama satu jam sebuah laporan gangguan belum selesai diperbaiki sistem akan otomatis memberikan sms kepada pejabat setingkat AssMan, 2 jam belum selesai sms sampai ke Manager, sms ini pun bisa sampai ke ke dirut bila belum tertangani selama batas waktu tertentu.

Ini adalah satu sisi dan dapat menjadi contoh yang baik bagi perusahaan sekelas PT PLN. Sebab orientasi kepuasan pasar sekarang diukur dari kualitas layanan kepada pelanggannya. Andaikan ada satu perubahan radikal yang sesuai dengan PT PLN, saya yakin perusahaan ini akan mampu memberikan layanan listirk yang handal dan prima.

One thought on “Perlukah Perubahan Radikal (Radical Change) Pada PT PLN ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s