Perubahan Radikal (Radical Change). Siapkah Kita ?

Sudah siapkah kita ?

Pakar kepemimpinan sepakat bahwa tantangan utama yang dihadapi para pemimpin sekarang dan di masa depan adalah perubahan radikal. Hal ini telah menjadi komponen kunci Sukses kepemimpinan sekarang dan masa depan. Kepemimpinan yang Sukses harus fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi – kondisi baru, membuka lembaran baru dan bersedia mengambil resiko.

Radical Change harus memahami  ciri ciri perubahan itu sendiri yaitu :

  1. bahwa perubahan itu harus bersifat strategis (ada dasar dan konsepsi secara strategis). Hal ini dilakukan agar tidak menghambat terjadinya suatu perubahan dan kemajuan, dan yang tidak kalah penting  bagaimana cara agar terjadi perubahan  dan dapat dikomunikasikannya perubahan tersebut. Cara ini (mungkin) dapat dapat dilakukan yaitu  dengan metode resonance dan simplicity (bergetar tapi mudah).
  2. bahwa perubahan itu harus holistik  atau menyeluruh,  dimana seluruh aspek harus ikut serta didalamnya, misalnya aspek manajerial, tehnologi, proses, serta aspek SDM.
  3. Bahwa perubahan itu harus fundamental/ mendasar.

Harapan kepada 3 hal ini harus menjadi perhatian, khususnya kepada para Leader sebagai orang terdepan  harus dapat meningkatkan leadership skill, mampu menjelaskan arah perubahan tersebut dan menganalisa sesuai scopenya.

Suatu usaha atau perusahaan harus siap melakukan ini. Dan memang pada awalnya banyak respon positif dan negatif. Proses ini dapat dijelaskan menjadi beberapa point berikut :

  1. Orang menolak perubahan, khususnya perubahan radikal.
  2. Pemimpin yang logis terus menerus mencari informasi baru, mengidentifikasi hambatan, menghasilkan alternative, dan mempertimbangkan pro dan kontra di seleksi akhir.
  3. Tahap yang memungkinkan tidak hanya mempersiapkan orang untuk perubahan, tetapi juga menyediakan kesempatan pemimpin untuk membingkai perubahan.
  4. Salah satu hambatan terbesar dalam pelaksanaan cara pandang ini adalah perlawanan terhadap perubahan.
  5. Gaya inspirasional mendorong orang untuk mengeluarkan energi dan berinvestasi waktu dalam upaya perubahan tersebut.
  6. Komunikasi persuasif untuk mendengarkan dan mengetahui apa yang penting bagi orang – orang.
  7. Pemimpin mengenali pentingnya orang di organisasi dan cara untuk menantang orang – orang pada imajinasi mereka dalam membentuk dan melaksanakan strategi.

Kesadaran akan gaya kepemimpinan penting untuk menjadi pemimpin yang efektif mengubah. Meskipun perubahan gaya adalah sulit. Kesadaran memberikan dasar untuk memfokuskan pada gaya yang paling sesuai pada setiap tahap perubahan. Pemimpin itu membantu mengidentifikasi apakah mereka siap untuk memimpin seluruh perubahan proses atau apakah mereka mungkin bermanfaat dari membiarkan orang lain untuk melakukan perubahan tersebut dengan mereka.


One thought on “Perubahan Radikal (Radical Change). Siapkah Kita ?

  1. Ping-balik: Perlukah Perubahan Radikal (Radical Change) Pada PT PLN ?? « DIM''S.DWICAHYO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s