Mengenal ERP :: Part I

Sebelum terjun ke dunia kerja, jujur saya belum mengetahui dengan mahluk bernama ERP. Entah mengapa saat duduk dibangku kuliah dosen tidak pernah menyinggung hal ini. Saat ini sedikit demi sedikit saya dapat memahaminya.

Enterprise Resource Planning begitulah bila ERP diterjemahkan menurut singkatannya. ERP adalah istilah yang biasanya digunakan bersama dengan perangkat lunak ERP atau sistem ERP. Sistem ERP berfungsi mengelola semua informasi dan fungsi bisnis atau perusahaan dari data bersama yang terdistribusi. Menjadi peran sebagai sistem otomasi proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun ditribusi di suatu perusahaan.

Sistem ERP biasanya memiliki hardware dan software modular unit dan layanan yang berkomunikasi pada jaringan area lokal. Desain modular memungkinkan sebuah bisnis untuk menambah atau mengkonfigurasi ulang modul sambil menjaga integritas data dalam satu database yang mungkin tersentralisasi atau terdistrsibusi.

ERP berevolusi dari MRP II (Manufacturing Resource Planning). Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distibusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akuntansi perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nantinya akan membantu mengontrol aktivitas bisnis penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Karaktek dari sistem ERP sering disebut sebagai Back Office system yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan public secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang secara langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-commerce, CRM, e-government, dll.

Secara modular software ERP biasanya terbagi atas modul utama yakni Operasi (berkaitan dengan logistik dan pengadaan) serta modul pendukung financial dan akuntasi serta sumber daya manusia.

  • bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s