Jaringan DSL (Digital Subscriber Line) Di Rumah, Kok Bisa ??

Di Indonesia digunakan sebagai layanan internet bernama SPEEDY Broadband Access Internet. Modem memungkinkan data dikirim melalui PSTN (Public Switched Telephone Network), artinya kira-kira sebuah istilah umum yang merujuk pada bermacam-macam jaringan dan layanan telepon di seluruh dunia. Demikian juga sebuah modem menggunakan nomor telepon dari modem lain. Sesudah perusahaan telepon mengatur sebuah panggilan, dia dapat mengirim data dengan menempatkan sinyak analog tertentu pada sirkuit untuk menunjuk biner 0 dan lainnya menunjuk biner 1.

Dan seringkali modem digunakan untuk mengirim dan menerima data ke dan dari router yang dimiliki ISP (Internet Service Provider),perusahaan yang memberikan layanan internet. Dengan cara ini, komputer di rumah dapat berkoneksi ke internet. Dengan demikian bisa mengirim dan menerima IP (Internet Protocol) paket dari hampir tiap IP host (komputer lain) di dunia. ISP menempatkan router dalam POP (Point of Presence = bangunan yang menyimpan perangkat milik ISP) masing-masing area panggilan lokasi agar layanan ini lebih murah.

DSL memungkinkan data dikirim ke rumah dengan sinyal digital melalui jalur telepon yang sama. Kita bisa mengakses internet sambil menelepon. Untuk mengakomodasi layanan ini, telco mengkoneksikan local loop line ke DSLAM (Digital Subcriber Line Access Multiplexer) di CO (Central Office). DSLAM memisahkan suara analog ke switch telepon dan data melalui router yang dimiliki ISP. Dengan demikian terminal telepon di rumah (KTB) bisa menerima sinyal data dan untuk memisahkan data dengan suara tersebut digunakan splitter (pemisah sinyal).

One thought on “Jaringan DSL (Digital Subscriber Line) Di Rumah, Kok Bisa ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s