Grant Akses Database

Kebutuhan sebuah instansi dengan database sangat penting saat ini. Termasuk daya sendiri. Database digunakan untuk menyimpan data penting yang merupakan bagian dari sumber informasi. Beberapa hari ini saya sedang giat-giatnya mempelajari sistem database. Di awal kuliah terdahulu memang sempat dipelajari namun karena kebanyakan ngoprek jaringan jadi sudah agak lupa.
Pada satu kesempatan minggu lalu, saya melakukan upload database website yang saya buat dengan program php dan database mysql. Server menggunakan sistem operasi Fedora Core 6. Proses upload berjalan lancar pada awalnya. Meng-copy kode program dan dumping database. Selanjutnya saya uji coba semua akses termasuk yang terpenting, akses login admin. Semua berjalan sesuai harapan. Kemudian satu masalah timbul. Saat saya mulai menggunakan fasilitas insert,update dan delete database, tidak satu perintah pun yang dapat berjalan. Saya bertanya, kenapa ya ?? (maklum dah lama gak ngoprek database jadi agak lupa)
Saat itu juga saya kembali ke meja kerja untuk mencoba menganalisis kode program. Tidak ada masalah. Tak berapa lama akhirnya saya tau penyebabnya. Ternyata servernya diproteksi untuk melakukan operasi database. Agar operasi database dapat dilakukan perlu membuka grant akses database. (Waduh….saya lupa nih caranya, sambil menelan glek..!!). Akhirnya saya mulai ngoprek lagi. Dapet solusinya. Format/ sintak penulisan untuk membuka akses grant adalah :

GRANT ALL PRIVILEGES ON database_name.* TO ‘myuser’ IDENTIFIED BY ‘mypassword’; (press enter)
FLUSH PRIVILEGES; (press enter)

Sebelum membuka akses grant di atas, perlu dibuat (create) user baru (‘myuser’). Sintaksnya :

CREATE user ‘myuser’@’%’ identified by ‘mypassword’; (press enter)
FLUSH PRIVILEGES; (press enter)

Tanda % pada create database berfungsi untuk dapat membaca dan melakukan akses dari host mana pun dalam 1 jaringan.

Selamat mencoba.

One thought on “Grant Akses Database

Tinggalkan Balasan

