Data Windows XP dan Linux

Sering kali temen-temen kampus tanya ke saya hal-hal yang bikin bingung soal komputer tapi banyak juga tanya hal-hal menarik dan layak untuk dicari tahu jawabannya. Contohnya beberapa hari yang lalu ada yang tanya “Di komputer saya pake dual booting Windows dan Linux, kenapa jika masuk ke Linux sistem ini tidak bisa membaca drive yang ada di Windows (begitu pula sebaliknya). Masalahnya apa mas ? Terus solusinya gimana ?”

Bagi saya ini pertanyaan yang menarik, setelah baca buku dan oprek-oprek komputer…. hehehe….. ketahuan juga masalahnya. Ternyata secara default, Linux menggunakan sistem file (file system) ext3 dan Windows menggunakan NTFS (New Technology File System). Keduanya tidak saling kompatibel sehingga wajar aja kalo tidak saling membaca ( wong jeruk ketemu apel bukan jeruk ketemu jeruk ).

Namun Linux telah memiliki fasilitas dukungan bersifat read-only partisi NTFS. Agar bisa terbaca, partisi tsb. harus di mount terlebih dahulu dengan perintah berikut :

# mount –t ntfs <partisi windows> <direktori mount>

Contoh :

# mount –t ntfs /dev/hda1 /mnt/win_xp

Bila menginginkan akses yang bersifat read-write, perlu digunakan modul NTFS-3G di Linux. Sementara untuk membaca partisi Linux dari Windows dibutuhkan Ext2 Installable File System for Windows yang bisa temen-temen ambil di http://www.fc-driver.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s