Fakta Seputar Otak

Ternyata otak kita lebih dari yang kita bayangkan………………..Sebab ternyata

Fakta Otak

Ibu berharap putra ibu menjadi ahli hadits sehandal Imam Bukhari? Atau menjadi ilmuwan setaraf Ibnu Sina? Mengapa tidak? Fakta menyebutkan bahwa pada setiap manusia diberikan oleh Allah otak dengan struktur dan kapasitas yang sama. Selanjutnya kualitas pengembangannyalah yang akan menentukan kuaitas akhir otak manusia itu. Wujudkan keinginan ibu dengan mempelajari fakta otak, berikut metode efektif untuk mengoptimalkan pengembangannya.

Kapasitas Tak Terbatas

Menurut Tony Buzan, seorang pakar peneliti otak, pada setiap otak normal terdapat sedikitnya 1 trilyun sel syaraf yang disebut neuron. Antara satu neuron dapat berhubungan dengan 100 ribu neuron yang lain, dengan beragam cara. Sehingga diperkirakan secara kasar ada kemunngkinan bisa terjadi hubungan antar neuron ini sejumlah 1 diikuti 800 angka nol di belakangnya.

Selanjutnya dapat dipahami bahwa hubungan antar neuron ini dapat diciptakan melalui proses pengaktifan otak. Semakin aktif kita merangsang otak bekerja, semakin banyak jalinan neuron terjadi, semakin berkembang bagus otak tersebut. Dan ingat bahwa kapasitas otak kita pun setidaknya 1 diikuti 800 angka nol di belakangnya, yang lebih tepat jika disebut ‘hampir tak terbatas’. Dan rata-rata manusia baru menggunakan otaknya tidak sampai 1 % dari kapasitas otak sesungguhnya. Jadi, masih sangat terbuka kemungkinan mengembangkan otak, bukan?

Keseimbangan Otak Kanan dan Kiri

Otak terbelah menjadi dua, bagian kiri dan bagian kanan. Kedua belah otak ini memiliki spesifikasi tugas dan kemampuan masing-masing. Otak kiri mengendalikan spesifikasi bidang logis, sekuensial, linear dan rasional (bidang pendidikan, bisnis dan sains), sementara otak kanan mengendalikan spesifikasi bidang acak,tidak teratur, intuitif dan holistik (bidang perasaan dan emosi, musik, seni, warna, kreatifitas dan visualisasi).

Perkembangan otak yang baik membutuhkan keseimbangan antar dua bagian. Perlu diketahui bahwa jenius seperti Albert Einstein, selain tak diragukan kualitas otak kirinya di bidang sains, ternyata ia juga memasukkan kegiatan bermain biola, seni, berlayar dan permainan imajinasi di antara kegemarannya! Begitu pula Leonardo da Vinci, selain ahli seni lukis dan pahat patung, ia pun dikenal ahli dalam ilmu umum, arsitektur, mekanika, anatomi, fisika, penemuan meteorologi, geologi, teknik dan penerbangan!

Ketel Emosi

Ketika otak kiri (sisi rasional) dikembangkan bersama-sama dengan otak kanan (sisi emosi) maka akan tercapai perkembangan otak yang optimal. Akan lebih mudah kita membayangkan cara kerja otak ini seperti sebuah ketel (ceret) air. Untuk memasukkan air ke dalam ketel tersebut, tutup ketel harus dibuka terlebih dahulu. Maka untuk memasukkan satu memori ke dalam otakpun kita harus membuka tutupnya terlebih dahulu. Sementara otak kananlah yang ahli membuka tutup ketel tersebut. Manakala sisi emosi kita terangsang, maka terbukalah tutup otak kita sehingga informasi bisa masuk dan direkam. Itulah sebabnya jika kita menginginkan memasukkan sebanyak mungkin informasi ke dalam otak, maka informasi tersebut harus disampaikan dengan metode yang menyenangkan, unik dan penuh kreatifitas, sehingga menyentuh sisi emosi kita.·

4 thoughts on “Fakta Seputar Otak

  1. mmungkin kah kecerdasan seseorang itu menurun…?
    perasaan sekrang tambah bodoh deh bukannya tambah pinter… hiks..shikss..hiks…:((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s